Dikeroyok Rusa di Ranca Upas


Lihat foto di instagramnya @harivazayuka entah kenapa langsung jatuh cinta dan pengen ke Ranca Upas. Kayaknya tempatnya hijau, damai gitu. Kalau lihat tempat hijau-hijau gitu kan emang nggak tahan dan pengen kesana. Tempat maen ku emang random banget.


Untungnya Bumi Perkemahan Ranca Upas ini deket banget sama Kawah Putih, perkebunan teh Rancabali, dan Situ Patenggang. Sekali kayuh dua tiga pulau terlampaui. Tapi perkebunan teh Rancabali diskip, rame banget sih. Jadi langsung ke Ranca Upas.


Buper Ranca Upas cukup ramai juga. Ada anak-anak pramuka sedang berkemah seperti. Sepertinya seru kemah di bumi perkemahan ini. Tempatnya dingin dan asri. Ada kolam renang juga untuk anak-anak, dan permainan-permaianan outbond yang lain.


Yang membuat Bumi Perkemahan Ranca Upas ini menarik adalah ada penangkaran rusa. Bukan rusanya yang bikin tertarik, tapi tempatnya. Kayaknya hijau gitu. Masuk ke penangkaran rusa ini gratis. Cuma bayar 5ribu kalau mau beli sekantong wortel buat dikasih ke rusa.


Ada lorong panjang tinggi dari kayu buat para pengunjung. Sedangkan rusanya ada dibawah . Ada 2 papan kayu yang lebih rendah dari lorong untuk memberi makan rusa. Kebanyakan orang sih ngasih makan rusa di tempat yang dekat dengan pintu. Tempat yang satunya ada di ujung lorong. Ada tangga kayu miring untuk turun kebawah.


Dengan kepedean tingkat maksimal, maka turunlah kita ke bawah. Padahal nggak ada yang turun kebawah, cuma di papan kayu aja. Sebagian besar rusa sih ada di spot memberi makan di sebelah barat. Sisanya pada leyeh-leyeh di pojokan penangkaran. Wah gimana caranya menarik perhatian rusa ke kita ya?



Ternyata gampang! Tinggal ngremes plastik bungkus wortel sama ngacungin ke rusa, eh langsung datang aja mereka. Wuih sensitif amat telingannya, padahal jaraknya jauh lho. Pertama datang satu rusa. Seru banget ngasih makan rusa langsung tanpa ada penghalang pagar dan sebagainya. Terus datang temennya, agak kewalahan juga ngasih makan rusa dua. Cepet banget makan wortelnya, sebentar aja udah abis. Terus datang yang ketiga. Agak ekstrem rusanya, tanganku dimakan juga eww.... 



Enggak sakit sih, cuma kaget aja. Kan tanganku jadi kena air liurnya, ewww.... Nggak cukup tanganku dimakan, saking rusanya antusias mau makan wortel kakinya juga diinjak sama rusa. Oh tidak rusa-rusanya kok tambah agresif dan posesif sama wortel. Karena takut kalau terlalu antusias dan akhirnya diseruduk tanduknya yang runcing-runcing, wortelnya tak lempar beserta kreseknya sekalian. Rusa pergi ke arah kresek dan aku kaburrrrr.... 
hahahahaha....

Malah pada diketawain yang lain. Asyem, orang sini panik malah pada ketawa


Akhirnya ngasih makan cuma dari atas aja. Berhubung wortelnya udah habis dilempar, nyoba ngasih makan strawberry super besar yang sebelumnya beli di Situ Patenggang. Eh doyan aja ternyata. Ya udah kasih makannyasatu aja, sayang strwaberry nya hahahaha...


Karena takut turun lagi ya udah diatas sini aja. Menikmati pemandangan hijau. Dan melihat rusa dari atas aja. 2 orang cowok sepertinya jadi berani turun setelah melihat kita turun ke bawah dan kasih makan rusa langsung. Tapi mereka kalem-kalem aja. Nggak pake tereak-tereak dan lari-lari kabur kayak aku tadi hahahaha... Selain mereka nggak ada lagi yang berani turun. Padahal rusanya jinak banget lho. Harusnya turun tanpa bawa wortel ya? tapi nanti nggak dateng kalau nggak bawa wortel. Duh kok dilema?


Puas menikmati hijau-hijau, sholat dhuhur dulu di mushola buper. Airnya dingin brrrr.. Kalau kemah disini pasti pas malem dingin banget. Yang pasti kemping di Bumi Perkebunan Ranca Upas ini seru banget. Disebelah timur masih ada lahan luas yang masih bisa dieksplore sepertinya. Tapi kita memutuskan balik aja.


Dalam perjalanan pulang kita sih melewati gerbang Kawah Putih. Kejadian di Kawah Ijen terulang lagi. Hanya foto-foto di depan gerbang saja. Terus balik ke Bandung deh hahaha... Gaya amat lo, kagak masuk ke Kawah Putih. Sekarang nyesel juga nggak ke Kawah Putih. Sama nyeselnya nggak ke Kawah Ijen juga.


Ya Tuhan semoga aku bisa kembali maen ke Kawah Putih (dan Kawah Ijen), amin...







0 komentar:

Blogger Template by Clairvo