Brown Canyon, Great Canyon nya Semarang


Great Canyon itu di Amerika.
Green Canyon itu di Ciamis Jawa Barat..
Brown Canyon itu di Semarang Jawa Tengah...


Dekat aja sebenarnya. Entah kenapa selalu tertunda tiap kali mau maen ke Brown Canyon, dan baru kemarin bisa maen ke Brown Canyon. Untuk sampai di Brown Canyon pun harus menghadapi polisi-polisi Semarang yang terkenal keganasannya mengincar kendaraan plat luar kota Semarang, hadeh....


Nggak tahu lewat mana, pokoknya cuma ngikut apa kata gps hp. Entah di daerah mana, melewati perkebunan apa gitu kayak di Taman Nasional Meru Betiri. Ternyata ini PTPN IX. Owww... PTPN IX itu Jawa Tengah ya. PTPN VIII itu di Jawa Barat, dan PTPN X itu di Jawa Timur. Ya ya ya... *nulis apa sih ini? 


Sempet ragu dengan arahan gps hp. Bener ini nggak sih jalannya? kok sempit gini ya. Seperti bukan jalan menuju tempat wisata. Mana jauh banget nggak nyampe-nyampe. Jalannya malah tambah sempit dan jelek banget, berdebu lagi. Haduh.... Nah nah, kok malah ada plang petunjuk arah ke Demak segala. Waduh jangan-jangan nyasar ini.


Semangat yang sedikit luntur kembali lagi saat melihat tanah berbukit-bukit di kejauhan. Apakah itu Brown Canyon? Sampai akhirnya ada plang petunjuk arah ke Rowosari. Nah, bener kalau ini. Eh jalannya malah lewat tengah tengah sawah yang kering akibat kemarau panjang. Setelah jalan yang seperti tiada berujung, masuklah kita di perkampungan. Loh, malah masuk kampung. Mana Brown Canyon nya? Akhirnya tanya ke salah seorang penduduk di rumahnya. Katanya disuruh masuk gang kecil diantara rumah-rumah. Hmmmm... jalan yang aneh.


Jalan sebentar dan sampailah kita di Brown Canyon. Inilah dia Brown Canyon, jeng jeng... Umm ya kayak di perbukitan yang tanahnya diambil sih. Ada bangunan semi permanen yang terlihat rame. Ini terus kemana ya? Jalannya simpang siur nggak jelas. Waton ambil jalan, dan berhenti di motor-motor yang diparkir. Jalan bentar, ternyata kita ada di atas. Di bawah adalah dua tebing tinggi kurus yang berdiri berdampingan yang agaknya jadi icon Brown Canyon.


Jalan lebih jauh dan sampailah kita di bulan. Tebing yang berlubang-lubang dan jurang di sebelahnya membuat kita seperti sedang di bulan. Tanahnya pun kelabu kering dan berdebu. Ini dulu kan bukit solid ya sebenarnya? Sekarang jadi berlubang-lubang nggak jelas gini. Di bawah kita ternyata jurang dalam gitu. Ya ampun manusia memang sungguh serakah. Nggak bisa bayangin bentuk tambangnya Freeport kayak apa. Lembah dan jurang bikinan manusia.


Entah Semarang memang sepanas ini atau karena sedang musim kemarau panjang, atau karena ini di daerah pertambangan, Brown Canyon panasnya minta ampun. Muka langsung item. Eh memang udah item ya? Muka yang udah item langsung tambah item lagi 


Nggak tahan sama panasnya, akhirnya diputuskan balik. Baliknya pake nyasar lagi. Malah muter-muter di perkampungan. Mau nyari jalan besar ke arah kota Semarang aja susah bener. Hadeh Semarang, Semarang...

  

0 komentar:

Blogger Template by Clairvo